Jember Harus Bangun Konektifitas dengan Pusat Perekonomian Jatim

FAWAID

Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Dapil Jember Lumajang Mohammad Fawaid menilai, salah satu penyebab Jember tertinggal dibanding kabupaten lain di Tapal Kuda, karena tidak ada konektifitas dengan kota-kota lain yang merupakan pusat ekonomi Jawa Timur.

Fawaid dalam diskusi publik yang diselenggarakan Unej bekerjasama dengan PWI Jember dengan tema membangun Jember perlu politik anggaran yang tepat menjelaskan, investasi akan masuk ke Jember jika ada dukungan infrastruktur penghubung, antara Jember dengan kota lain seperti Surabaya dan Malang.

Tanpa kemudahan transportasi sangat sulit bagi jember untuk bangkit, mengejar ketertinggalan terhadap kabupaten lain seperti Banyuwangi. Bandara memang sudah ada di Jember, namun koordinasi dengan Pemprov dan Pemerintah Pusat sangat lemah, sehingga dari hari ke hari semakin sepi.

Fawaid mencontohkan, agar tidak tertinggal Bupati Lumajang yang baru 2 tahun menjabat, berhasil melakukan lobby ke Pemerintah Pusat untuk menyambungkan Tol Probolinggo Lumajang. Upaya mempermudah akses seperti inilah yang mestinya dilakukan Pemkab Jember. Pembangunan tol memang progam nasional, tetapi Pemerintah Daerah bisa mengusulkan untuk memperoleh manfaat dari progam tersebut.

(176 views)