Penjaga Kebun Gadungan Asal Rambipuji Todongkan Sajam dan Rampas HP Pengunjung Kebun Renteng

39e9496b-e8fe-453e-b261-4efde257de51

Diduga kuat menodongkan senjata tajam dan rampas HP milik empat pengunjung Kebun Renteng yang terletak di Desa Mangaran Kecamatan Ajung, seorang pemuda berinisial HR warga Desa Kaliwinning Kecamatan Rambipuji, Selasa sore ditangkap Unit Reskrim Polsek Jenggawah. Dalam melakukan aksinya, tersangka mendekati korban dengan mengaku sebagai penjaga kebun.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo menceritakan, awalnya tanggal 04 Agustus lalu, korban bernama Abdul Gafur bersama tiga rekannya sedang duduk berkelompok, di Pos Kebun Renteng. Saat duduk korban menemukan botol berisi sisa minuman keras, yang kemudian dipegangnya.

Tidak lama kemudian tersangka tiba-tiba datang dan menuduh korban sedang melakukan pesta miras. Bahkan sambil menodongkan senjata tajam, tersangka mengambil botol berisi sisa miras dan merampas HP milik ke empat korban. Tidak cukup sampai di situ, tersangka meminta korban pergi ke Pos Satpam Kebun Renteng, sambil diikuti di belakangnya.

Saat menuju Pos Satpam itulah, saat korban menoleh ke belakang, ternyata tersangka sudah tidak ada. Bahkan saat bertanya kepada pengunjung lainnya, tidak ada yang mengenal orang dengan ciri-ciri yang disampaikan korban. Merasa tertipu korban melapor ke Mapolsek Jenggawah.

Setelah dilakukan penyelidikan selama dua hari, akhirnya polisi berhasil menangkap tersangka di rumahnya. Saat diintrogasi tersangka mengaku baru pertama kali melakukan aksi premanisme.

Dari tangan tersangka polisi berhasil menyita barang bukti berupa empat unit HP milik korban, satu unit sepeda motor yang merupakan sarana tersangka, dan sebilah senjata tajam. Akibat perbuatannya tersangka dijerat Pasal 368 KUHP juncto Pasal 2 Undang-Undang Darutat Nomor 12  Tahun 1951, dengan ancaman maksimal 10 tahun penjara.

(89 views)