Aliansi Aktivis Mahasiswa Jember Dukung TNI-Polri Tindak Tegas Perusuh dalam Aksi di Jakarta

IMG_20190522_184223

Aliansi Aktivis Mahasiswa Jember yang terdiri dari PMII Jember, GMNI Jember dan HMI Jember, mengecam keras adanya aksi anarkis yang ikut mewarnai aksi menyikapi hasil rekapitulasi perolehan suara pilpres 2019. Karena itu Aliansi Aktivis Mahasiswa Jember mendukung TNI-Polri menindak tegas siapapun perusuh yang menjadi provokator terjadinya aksi anarkis tersebut.

Sekretaris PMII Cabang Jember Abdul Latif Azam kepada sejumlah wartawan menjelaskan, meski kebebebasan menyuarakan pendapat di muka umum memang dijamin oleh undang-undang. Namun, ada batasan tertentu yang tidak boleh dilanggar, salah satunya tidak boleh melakukan aksi anarkis sampai menyebabkan kerusuhan.

Azam menilai aksi unjuk rasa yang digelar di Depan Kantor Bawaslu RI di Jakarta untuk menyikapi hasil rekapitulasi perolehan suara pilpres oleh KPU, sudah melanggar aturan dalam menyampaikan pendapat di muka umum. Selain melewati batas waktu yang diperbolehkan, ternyata aksi tersebut diwarnai aksi anarkis hingg menyebabkan beberada korban jiwa dan membakar belasan mobil yang berada di Asrama Brimob.

Karena itu pihaknya mengecam segala bentuk kerusuhan yang terjadi dalam aksi di Jakarta, serta mendukung TNI-Polri untuk menindak tegas pera perusuh tersebut sesuai dengan ketentuan yang ada. Azam juga mengajak kepada masing-masing pihak yang terlibat dalam perhelatan pemilu 2019 agar menerima apapun keputusan yang dikeluarkan KPU selaku penyelenggara pemilu. Jika memang ditemukan adanya indikasi kecurangan, semestinya melakukan tindakan sesuai konstitusi yang ada, bukannya melakukan aksi provokasi dan melakukan kerusuhan.

Hal senada juga disampaikan oleh sejumlah perwakilan dari HMI dan GMNI Jember. Mereka juga menyayangkan adanya aksi anarkis yang menyebabkan korban jiwa dan kerusakan material dalam aksi yang digelar di Depan Kantor Bawaslu RI di Jakarta. Sebagai instrumen yang bertanggung jawab menjaga keamanan dan ketertiban bangsa Indonesia, mereka menyatakan mendukung TNI-Polri menindak para perusuh dan mengusut tuntas hingga siapa tokoh-tokoh yang ikut bertanggung jawab dalam kerusuhan tersebut.

(73 views)