Seleksi Calon Anggota KPU Memasuki Tahap Akhir

Seleksi Calon Anggota KPU Kabupaten dan Kota memasuki tahap terakhir. Mulai tanggal 21 hingga 23 Mei besok Pansel Calon Anggota KPU Zona 7 meliputi wilayah Eks Karesidenan Besuki Lumajang dan Probolinggo, menggelar tes wawancara.

Ketua Pansel Zona 7 Mohammad Noor Harisudin Rabu siang menjelaskan, terdapat 25 orang Calon Anggota KPU dari masing-masing kabupaten kota, yang akan mengikuti tes wawancara oleh Pansel. Dari hasil wawancara ini akan diumumkan 10 besar tanggal 26 Mei mendatang.

Nama 10 besar Calon Anggota KPU Kabupaten kota ini selanjutnya akan diserahkan ke KPU Provinsi Jawa Timur, untuk dilakukan uji kelayakan atau fit and propertest. Dari fit propertest tersebut diambil 5 besar calon anggota kpubterpilih, yang akan ditetapkan oleh KPU RI.

Lebihbjauh Harisudin menjelaskan, dalam tes wawancara ada beberapa indikator yang menjadi pertimbangan Pansel. Di antaranya pemahaman peserta tentang kepemiluan, demokrasi dan Undang-Undang Dasar 45. Pansel juga akan meminta klarifikasi atas masukan masyarakat, sebagai bahan pertimbangan.

(58 views)