Balai TNMB Khawatir Macan Tutul Turun ke Pemukiman Warga

Balai Taman Nasional Meru Betiri atau TNMB khawatir, perburuan mangsa macan tutul oleh masyarakat akan membahayakan penduduk sekitar taman nasional. Sebab bukan tidak mungkin macan tutul akan turun ke pemukiman untuk mencari mangsa.

Kepala Balai TNMB Maman Surahman menjelaskan, pihaknya bukan khawatir populasi macan tutul akan habis. Tetapi justru hewan yang selama ini menjadi sumber makanan macan tutul seperti kijang dan babi hutan, yang terancam habis akibat perburuan liar.

Jika ekosistem sudah tidak terjaga keseimbangannya, Maman khawatir akan menjadi bencana bagi penduduk sekitar taman nasional. Sebab macan tutul yang ada di kawasan taman nasional akan turun dan masuk ke pemukiman warga untuk mencari makan.

Untuk menjaga keseimbangan ekosistem tersebut lanjut Maman, selain melakukan patroli rutin pihaknya juga memasang sejumlah camera trap dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Dari hasil pengamatan balai taman nasional, ada sedikitnya 10 ekor macan tutul dan 60 ekor banteng yang ada di kawasan TNMB.

(75 views)