16 Kota Suara Rusak Terkena Hujan dan Rayap

IMG-20190415-WA00247 kotak suara di Sumberbaru rusak terkena hujan, akibat atap gudang penyimpanan logistik milik PPK Sumberbaru baru banyak yang bocor. Sementara 9 kotak suara untuk Kecamatan Sukorambi rusak akibat dimakan rayap.

Ferry Ketua PPK Sumberbaru menjelaskan, memang atap gudang penyimpanan logistik di Sumberbaru ada yang bocor, sehingga sekitar 7 kotak suara terkena tetesan air hujan. Sehingga pihaknya harus bekerja keras untuk mengeringkan kotak suara tersebut, agar bisa dipergunakan tanggal 17 April mendatang. Untuk mengantisipasi kejadian serupa saat ini kotak suara yang lain sudah dibungkus dengan plastik.

Sementara Ketua PPK Sukorambi Nur Fadli menceritakan, kotak suara untuk Kecamatan Sukorambi yang ada di gudang KPU, 5 kotak suara Pilpres dan 4 kotak suara DPR RI rusak dimakan rayap. Jika sampai tidak ada penggantian, maka dipastikan 9 TPS di Sukorambi tidak bisa melaksanakan Pemilu17 April mendatang.

Komisioner KPU Kabupaten Jember Ahmad Hanafi ketika dikonfirmasi terpisah membenarkan peristiwa tersebut. Untuk kotak suara di Sumberbaru masih bisa diselamatkan dan aman untuk dipakai 17 April mendatang. Sedangkan untuk kotak suara di Sukorambi, akan segera dilakukan penggantian, karena KPU Jember juga sudah mendapat bantuan kotak suara sisa dari KPU Malang. Dengan demikian Kabupaten Jember sudah siap melaksanakan pemilu 17 April mendatang.

(493 views)