Jumlah Warga yang Mengurus Formulir A5 di Jember Hampir Lima Ribu

ANGGOTA-KPU-JEMBER-AHMAD-HANAFI-300x225
Meski di hari terakhir pengurusan formulir A5 tanggal 10 April lalu, ratusan mahasiswa terancam tidak dapat menyalurkan hak pilihnya pada tanggal 17 April mendatang. Namun jumlah warga yang mengurus Form A5 di KPU Jember cukup tinggi yakni hampir mencapai 5 ribu warga.

Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi kepada sejumlah wartawan menjelaskan, berdasarkan data rekap hingga batas akhir pengurusan Form A5, warga yang sudah mengurus pindah memilih atau Form A5 di KPU Jember mencapai sekitar 4.900 orang. Meski angka tersebut tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan beberapa kabupaten lainnya, namun dipastikan angka tersebut lebih tinggi di banding dengan jumlah warga yang mengurus pindah memilih pada pemilihan presiden beberapa tahun sebelumnya.

Menurut Hanafi jumlah pemilih asal luar Jember yang mengurus pindah memilih ke Jember, jumlahnya relatif sama dengan jumlah pemilih asal Jember yang mengurus pindah memilih di luar Jember. Hanafi berharap warga yang sudah memiliki Form A5 benar-benar menyalurkan hak pilihnya dalam pemungutan suara 17 April mendatang. Sementara mahasiswa dan warga lainnya yang tidak bisa mengurus A5 juga diharapkan mencoblos di tps sesuai alamat KTP nya.

Diberitakan sebelumnya ratusan mahasiswa dan sejumlah warga yang mengurus Form A5 di KPU Jember, Rabu siang harus pulang dengan tangan hampa. Pasalnya ada aturan baru yang diterbitkan kpu bahwa studi tidak dapat dijadikan alasan untuk mengurus pindah memilih. Akibatnya ratusan mahasiswa terancam tidak dapat menyalurkan hak pilihnya pada pemilu tanggal 17 April mendatang.

(80 views)