Korupsi Dana Bansos Mantan Sekda dan Mantan BPKA Jember Divonis 1 Tahun Penjara

IMG_20190314_161343Terbukti dengan meyakinkan melakukan korupsi dana hibah bansos 2015, Mantan Sekretaris Kabupaten Jember Sugiarto, dan Mantan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset BPKA Pemkab Jember Ita Poeri Handayani, divonis 1 tahun penjara, denda 50 juta rupiah dan subsider 4 bulan kurungan oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Surabaya. Sementara Jaksa Penuntut Umum dan kuasa hukum terdakwa masih menyatakan akan berpikir selama 7 hari untuk menyatakan sikap.

Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Jember Herdian Rahadi menjelaskan, sidang putusan terhadap Sugiarto dan Ita ini merupakan pengembangan kasus yang sudah mempunyai keputusan hukum tetap, yang menjerat mantan Ketua DPRD Jember Thoif Zamroni. Berdsarjan hasil audit BPK, kerugian negara dalam kasus ini mencapai 1 miliar rupiah, dari total 38 miliar anggaran bansos 2015 lalu.

Sesuai dengan fakta yang terungkap dalam persidangan, Sugiarto dan Ita terbukti dengan meyakinkan telah melanggar pasal 3 Undang-Undang Tipikor juncto pasal 55 KUHP. Ketua Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Surabaya Agus Hamzah, menjatuhkan vonis kepada sugiarto dan ita 1 tahun penjara, denda 50 juta rupiah dan subsider 4 bulan pidana kurungan. Atas putusan tersebut Jaksa Penuntut Umum masih menyatakan akan berpikir terlebih dulu untuk menentukan sikap.

Sementara kuasa hukum terdakwa Nuril juga menyatakan masih akan berpikir dulu selama 7 hari untuk menyatakan sikap, atas putusan hakim yang dijatuhkan kepada kliennya. Menurut Nuril, sesusai yang terungkap dalam perdisangan, kedua kliennya dinyatakan bersalah secara administrasi dan tidak dikenakan uang pengganti. Karena memang kedua kliennya tidak pernah menikmati, hasil korupsi tersebut.

(123 views)