Tahun ini PDP Kahyangan Belum Bisa Setor PAD

IMG-20190208-WA0012Tahun ini Perusahaan Daerah Perkebunan PDP Kahyangan dipastikan belum bisa setor Pendapatan Asli Daerah atau PAD ke Pemkab Jember. Sebab profit yang diperoleh PDP hanya cukup untuk menutup biaya operasional perusahaan saja.

Dirut PDP Kahyangan Hariyanto menjelaskan, selain akibat harga kopi dan karet sampai saat ini belum bisa naik, hasil produksi kebun PDP juga tidak bisa maksimal. Karena usia tanaman yang sudah cukup tua, hasil produksi kebun PDP saat ini hanya sekitar 30 persen saja.

Atas kondisi ini PDP Kahyangan dalam setahun hanya mampu memperoleh pendapatan sekitar 6 milyar rupiah, yang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan. Di antaranya gaji buruh dan karyawan yang mencapai 70 persen dari total pendapatan yang ada.

Persoalan yang juga dihadapi PDP menurut Hariyanto, terkait overload buruh. Dari hasil penelitian konsultan, efektifnya PDP hanya butuh maksimal seribu orang buruh. tetapi yangvada saat ini sebanyak 2700 orang buruh, atau kelebihan 1700 orang buruh.

Pihaknya tidak bisa serta merta memberhentikan 1700 orang buruh tersebut, karena sebagai perusahaan plat merah PDP selain mengemban fungsi profit juga memiliki fungsi sosial. Kondisi inilah yang menurut Hariyanto mengakibatkan pendapatan PDP habis untuk operasional pekerja.

(123 views)