Dua Dari Tiga Komplotan Curanmor di Seputaran Kampus Ditembak

IMG_20190208_103115_HDRDua dari tiga komplotan pencuri sepeda motor berinisial AS dan RH  warga Desa Sukorejo Kecamatan Sukowono, yang kerap beraksi di seputaran kampus Sumbersari, Rabu malam ditangkap unit Resmob Sat Reskrim Polres Jember, setelah dilumpuhkan dengan tembakan timah panas.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo menceritakan, awalnya tim Resmob memergoki tersangka AS sedang mengendarai sepeda motor vixion berboncengan dengan rekannya di di Jalan Letjen S. Parman Kecamatan Sumbersari. Karena kondisi motor yang dikendari AS rumah kuncinya rusak, dan diganti kunci rahasia menggunakan kabel, polisi langsung memberhetikan AS.

Meski sempat mengelak, namun akhirnya AS mengaku bahwa sepeda motor yang dipakainya merupakan hasil kejahatannya yang dilakukan bersama dengan rekannya berinisial RH dan PD di seputaran kampus. Saat itu juga, AS diminta untuk menunjukkan rumah RH. Saat dilakukan penggerebekan, selain mengamankan RH polisi juga berhasil mengamankan satu uni sepeda motor yang diduga hasil kejahatan.

Saat hendak dilakukan pengembangan ke rumah tersangka PD yang hingga saat ini dalam proses pengejaran, kedua tersangka sempat melawan dan melarikan diri, sehingga polisi terpaksa melepaskan tembakan timah panas ke kaki kedua tersangka. Kedua tersangku, untuk mengelabuhi petugas kedua tersangka meminta rekannya berinisial SG untuk memperbaiki dan mengganti warna cat sepeda motor hasil curiannya.

Lebih lanjut Kusworo menjelaskan, akibat perbuatannya tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian, dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara. Untuk empat unit sepeda motor, sebuah kunci T, sejumlah HP dan spion sepeda motor yang diamankan, tiga sepeda motor diantaranya langsung dipinjam pakaikan kepada pemiliknya secara gratis, dengan syarat bisa menghadirkan sepeda motornya jika nantinya dibutuhkan saat proses pelimpahan ke kejaksaan.

Sementara salah satu korban bernama Dani warga Banyuwangi yang berprofesi sebagai ojek online, menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Kapolres Jember beserta jajarannya. Yang berhasil menemukan motornya yang dua hari lalu, hilang dicuri orang saat di parkir di rumah kosnya di Jalan Karimata Sumbersari.

(72 views)