Tol Trans Jawa Membuka Peluang Jawa Timur Kembangkan Sektor Wisata

IMG-20190131-WA0011Tol Trans Jawa menjadi peluang strategis bagi pemerintah kabupaten dan kota di Jawa Timur, untuk meningkatkan kunjungan wisata di wilayah masing-masing. Namun tentu saja hal ini harus ditopang dengan peningjatan destinasi serta sarana dan prasarana yang ada.

Kepala Bank Indonesia Jawa Timur Difi A Johansyah menjelaskan, dengan dioperasikannya Tol Trans Jawa konektifitas antar daerah jadi semakin mudah. Hal ini merupakan peluang bagi kabupaten dan kota, untuk mendorong sektor pariwisata dan meningjatkan jumlah kunjungan. difi melihat sejauh ini beberapa kabupaten kota sudah melangkah seperti Banyuwangi, Malang, Probolinggo Lumajang dengan kawasan Bromo Tengger Semeru dan sejumlah destinasi lainnya.

Karena itulah lanjut Difi, Bank Indonesia Jawa Timur akan melakukan kerjasama dengan Pemerintah Daerah, untuk mendatangkan wisatawan domestik dan mancanegara ke Jawa Timur. Di antaranya dengan pengembangan infrastruktur, peningkatan promosi dan membuat kalender event seni budaya Jawa Timur.

Bank Indonesia juga akan mendorong pengembangan sektor industri jasa pariwisata seperti kuliner, kerajinan souvenir dan umkm untuk mendukung sektor wisata. sehingga selain masing-masing daerah dapat memasarkan produk unggulannya, masyarakat setempat juga bisa ikut menikmati nilai ekonomis secara langsung dari pengembangan sektor pariwisata tersebut.

(147 views)