Terlibat Balap Liar Belasan Motor Protolan Beserta Pengemudianya Diamankan Polisi

IMG_20190201_103105_HDRUntuk mengantisipasi adanya balap liar yang marak dikeluhkan warga, Satlantas Polres Jember Jumat dini hari melakukan razia di Jalan Gajah Mada Kecamatan Kaliwates. Dari hasil razia kali ini, polisi berhasil mengamankan belasan sepeda motor protolan beserta dengan pengemudianya.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo menjelaskan, akhir-akhir ini pihaknya sering mendapat laporan dari warga yang mengaku resah, dengan adanya balap liar di jalan raya. Bahkan para pemuda yang tergabung dalam balap liar, tidak segan-segan menganggu pengendara yang sedang melintas di jalan. Tidak hanya dilakukan pada Jumat malam dan Sabtu malam, namun ternyata mereka melakukan balap liar, saat jalan sepi dan tidak ada polisi yang menjaga.

Saat Sat Lantas Polres Jember mendatangi Jalan Gajah Mada yang sering dijadikan tempat balap liar, ternyata pada Kamis malam memang ada balap liar. Untuk memberikan efek jera, ada sekitar 15 sepeda motor dan pengemudinya digelandang ke Mapolres Jember. Akibat perbuatannya, 15 pemuda tersebut dijerat undang-undang nomor 12 tahun 2009 tentang lalu lintas, dengan ancaman satu bulan kurungan.

Lebih lanjut Kusworo menjelaskan, dari 15 motor yang disita,  jenis pelanggarannya rata-rata kendaraannya tidak memenuhi standar keselamatan sebagaimana diatur dalam undang-undang lalu lintas. Untuk itu, Kusworo memastikan motor tersebut baru bisa diambil oleh pemiliknya dengan syarat melengkapi motornya sesuai standar, dan dilakukan di depan penyidik.

(89 views)