Kesejahteraan Pegawai Tidak Tetap Belum Masuk Dalam Progam Pendidikan Gratis

Sejak awal kesejahteraan Pegawai Tidak Tetap atau PTT yang ada di sekolah, tidak masuk dalam petunjuk tehnis penggunaan dana Progam Pendidikan Gratis atau PPG. Sehingga saat ini honor PTT murni bersumber dari dana BOS.

Menurut PLT Kadispendik Jember Edi Budi Susilo, dalam Juknis PPG hanya mengalokasikan anggaran untuk bantuan kesejahteraan Guru Tidak Tetap atau GTT, jaminan kesehatan dan sosial GTT serta anggaran untuk operasional sekolah.

Baru tahun 2019 ini menurut Edi, pihaknya akan mendiskusikan di internal Dispendik tentang bantuan kesejahteraan PTT, yang nantinya akan diusulkan kepada Bupati. Namun, jika memang nantinya disetujui, sekolah tetap harus melakukan verifikasi terhadap PTT, seperti halnya verifikasi GTT penerima honor tambahan dari Pemkab Jember.

Sebelumnya ribuan GTT-PTT melakukan aksi unjukrasa, meminta Bupati memberikan SK seperti di daerah-daerah lain. Sebab dengan SK ini GTT-PTT memiliki kekuatan hukum untuk mendapatkan tambahan kesejahteraan, sehingga honor yang mereka terima bisa mencapai UMR.

(71 views)