PCNU Jember Resmi Tolak Tambang Emas Blok Silo

Setelah melihat gejolak masyarakat menolak rencana tambang emas blok Silo, PCNU Jember Senin siang mengeluarkan pernyataan resmi, menolak tambang blok Silo, dan mendesak Menteri ESDM mencabut Kepmen 1802 tentang penetapan blok Silo sebagai kawasan pertambangan.

Ketua PCNU Jember Abdullah Syamsul Arifin menjelaskan, berdasarkan hasil Batsul Masail PCNU Jember, pertambangan menjadi haram hukumnya jika berdampak kerusakan lingkungan, dan mengancam kemaslahatan masyarakat sekitar. PCNU tegas menolak tambang blok Silo, selain karena daerah tersebut merupakan benteng alam, masyarakat silo yang mayoritas warga nahdliyyin sehari-hari menggantungkan hidupnya di sektor pertanian dan perkebunan.

Sehingga ketika kawasan tersebut dipaksakan menjadi kawasan tambang, selain menyebabkan kerusakan lingkungan yang berdampak terjadinya bencana alam, masyarakat setempat juga terancam mata pencahariannya, karena dengan adanya tambang sektor pertanian dan perkebunan akan mati.

Berdasarkan pertimbangan itulah, PCNU Jember mendesak Menteri ESDM segera mencabut Kepmen 1802, tentang penetapan kawasan tambang blok Silo. PCNU juga mendesak Gubernur Jawa Timur, membatalkan rencana lelang tambang emas blok Ilo. Untuk di daerah sendiri, PCNU minta Bupati dan DPRD segera membuat regulasi anti tambang emas di Kabupaten Jember.

(95 views)