Dispendik Persilahkan Sekolah Adakan Bimbel UNBK

Ujian Nasional Berbasis Komputer tinggal 3 bulan lagi. Dinas Pendidikan mempersilahkan masing-masing sekolah, melaksanakan bimbingan belajar UNBK sepanjang kegiatan tersebut diinisiasi oleh wali murid. Demikian disampaikan PLT Kepala Inas Pendidikan Jember Edi Budi Susilo Senin sing.

Untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mempersiapkan siswa menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer, siswa tidak cukup jika hanya diberikan simulasi UNBK saja. Karena itu Edi memandang Bimbel UNBK sangat penting, agar siswa lebih siap menghadapi UNBK yang sudah tinggal 3 bulan lagi ini.

Namun lanjut Edi, biaya Bimbel UNBK diluar sekolah sangat mahal, sehingga dirasa memberatkan bagi wali murid yang kurang mampu. Karena itu Dinas Pendidikan tidak akan mempersoalkan jika ada bimbel UNBK di sekolah, sepanjang kegiatan tersebut diinisiasi oleh wali murid, tidak ada pemaksaan kepada wali murid dan bukan sekolah yang mengatur anggarannya. Sebab jika ketiga hal tersebut dilakukan, bisa masuk kategori pungutan liar.

Lebih jauh Edi berharap, jika memang wali murid berkeinginan agar dilaksanakan binbel UNBK di sekolah, sebisa mungkin kegiatan tersebut tidak hanya untuk siswa yang mampu membayar, tetapi juga bisa mengakomodir siswa yang tidak mampu mengikuti bimbel di lembaga bimbingan belajar di luar sekolah.

(64 views)