Tersangka Kasus Pembunuhan Warga Binaan Lapas Klas 2A Jember Dilimpahkan ke Kejaksaan

8 orang tersangka beserta barang bukti kasus pembunuhan Mat Tawon Napi warga binaan Lapas Klas 2A Jember bernama Mat Tawon, Kamis siang dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Jember, oleh Penyidik Satreskrim Polres Jember.

Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Jember Made Endra menjelaskan, setelah jaksa menilai Berita Acara Pemeriksaan kasus pembunuhan Mat Tawon sudah lengkap, hari ini pihaknya menerima pelimpahan 8 tersangka beserta barang buktinya dari penyidik Polres Jember. Dalam kasus ini, dari 8 orang tersangka berkasnya di split menjadi dua berkas sesuai dengan peran tiap-tiap tersangka.

Sehingga dalam persidangan nantinya tiap tersangka bisa menjadi saksi terhadap tersangka lainnya. Setelah pihaknya melengkapi surat dakwaan dan administrasi, akan langsung dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Jember untuk disidangkan. Endra memastikan untuk kasus ini pihaknya hanya butuh waktu maksimal 10 hari untuk dilanjutkan ke persidangan.

Sementara kuasa hukum tersangka Fakih Imam Karunian menjelaskan, dengan di splitnya BAP kasus pembunuhan Mat Tawon ini bisa menguntungkan kliennya di persidangan. Fakih yakin, majelis hakim dalam mengambil keputusan akan disesuaikan dengan peran tiap-tiap tersangka.

Diberitakan sebelumnya, bulan Agustus tahun 2018 lalu seorang warga binaan lapas Klas 2A Jember bernama Mat Tawon tewas dibunuh 8 napi lainnya. Tidak sampai 2 kali 24 jam, polisi menetapkan 8 napi sebagai tersangka.

(106 views)