Over Capacity Lapas Jember Rawan Konflik

Kondisi Lapas Klas 2A Jember saat ini semakin overload, sehingga rawan mengakibatkan terjadinya konflik antar sesama tahanan. Dengan kapasitas idealnya hanya 390 orang, saat ini sudah dihuni 900 orang. Akibatnya para narapidana dalam lapas harus beraktifitas dan tidur berdesak-desakan.

Kepala Lapas Klas 2A Jember Sarju Wibowo menjelaskan, menjelang akhir tahun 2019 ini jumlah warga binaan Lapas Jember mencapai 900 orang. Padahal jumlah ideal Lapas Jember dengan total 36 sel, hanya mampu menampung maksimal 390 orang saja.

Sarju khawatir kondisi overload seperti ini akan berpengaruh terhadap kondisi psikologis warga binaan, yang ujung-ujungnya dapat memicu terjadinya keributan. Sejauh ini lanjut sarju, pihaknya hanya mampu melakukan pendekatan keagamaan kepada warga binaan, agar jangan sampai terjadi gesekan.

Sarju mengaku sudah melaporkan kondisi ini kepada Kementerian Hukum dan HAM. Sarju berharap kondisi ini bisa segera mendapatlan solusi, diantaranya dengan pengembangan bangunan Lapas Jember.

(97 views)