Bawaslu Diminta Tegak Lurus Usut Pelanggaran Pemilu yang Diduga Dilakukan oleh Bupati

Forum Masyarakat Tertindas atau Format, berharap Bawaslu serius tegak lurus dalam menangani dugaan pelanggaran pemilu, dalam video Bupati Jember Faida saat kongres perangkat desa beberapa waktu lalu. Sebab jika kasus ini terhenti ditengah jalan, akan menjadi preseden buruk dalam proses demokrasi Indonesia.

Koordinator Format Kustiono Musri, mengapresiasi kinerja Bawaslu Jember yang sejauh ini masih cukup baik. Terbukti dalam aktu 7 hari, Bawaslu telah meregistrasi dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan bupati sebagai temuan. Ini artinya Bawaslu menilai memang bupati patut diduga melakukan kampanye terselubung, dengan memanfaatkan kegiatan dan fasilitas pemerintah.

Meski demikian karena persoalan ini masih belum selesai, Kustiono berharap Bawaslu tetap bersikap profesional dan tegak lurus dalam mengusut dugaan pelanggaran ini. Jangan karena melibatkan seorang bupati, Bawaslu kemudian goyah sehingga keputusan yang diambil tidak sesuai fakta.

Jika sampai hal ini terjadi, Kustiono khawatir akan menjadi preseden buruk demokrasi di Indonesia. Pihak-pihak lain akan menjadikan kejadian ini sebagai contoh, dengan melakukan tindakan pelanggaran serupa. Dan Bawaslu sendiri akan kesulitan melakukan tindakan, karena kasus serupa sebelumnya tidak diberikan sanksi tegas.

(159 views)