7 Orang Tak Dikenal yang Dihadang Warga Silo Berniat Survei 3 Titik Tambang Emas

Dari hasil pemeriksaan sementara oleh Polres Jember, 7 orang yang dihadang oleh warga Desa Pace Silo Rabu pagi, merupakan Tim Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur, yang akan melakukan survei 3 titik tambang emas Silo. Sedangkan 3 orang Warga Negara Asing yang ikut dalam rombongan, masih belum diketahui keperluannya, karena masih dalam proses pemeriksaan di Mapolres Jember.

Salah satu staf Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur yang ikut dalam rombongan Darmanto mengakui, dirinya bersama Tim Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur memang turun ke Silo, untuk melakukan survei 3 titik tambang emas Silo. Tujuannya hanya untuk memastikan, apakah benar 3 titik tersebut bisa dilakukan penambangan.

Sesuai Keputusan Menteri ESDM lanjut Darmanto, ada 3 titik di Kecamatan Silo yang sudah ditetapkan sebagai wilayah usaha pertambangan. Karena itu dirinya bersama Tim Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur, turun ke Silo untuk melakukan survei kemungkinan dilakukannya penambangan. Darmanto juga mengakui saat turun ke Silo dirinya belum berkoordinasi dengan Kepala Desa setempat.

Sementara Kapolres Jember Akbp Kusworo Wibowo saat dikonfirmasi mengatakan, sampai saat ini proses pemeriksaan masih berlangsung, sehingga dirinya belum bisa memberikan penjelasan secara detail. Namun dari pemeriksaan sementara, Staf Dinas ESDM ini hanya akan melakukan survei lapangan. Namun karena melihat langsung kondisi penolakan oleh masyarakat, survei batal dilakukan.

Diberitakan sebelumnya perwakilan masyarakat Silo mendatangi DPRD Jatim, meminta difasilitasi untuk bertemu Sekdaprov. Mereka mempertanyakan rencana tambang emas Silo, karena meski kabarnya Bupati sudah menemui Menteri ESDM Iqnatius Jonan, kenyataannya secara legal sampai detik ini belum ada pencabutan SK Silo sebagai wilayah usaha pertambangan.

(891 views)