UNEJ Siapkan Dosen Pendamping Khusus Difable Saat Proses Perkuliahan

Universitas Jember akan menyediakan dosen pendamping khusus, untuk mahasiswa penyandang disabilitas saat mengikuti proses pembelajaran. Demikian disampaikan Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu atau LP3M Unej Ahmad Taufiq Selasa siang.

Taufiq menjelaskan, saat ini LP3M Unej sudah memiliki Pusat Layanan Konseling Disabilitas, sebagai bentuk komitment Unej sebagai kampus ramah difable. Tugas dari layanan konseling ini diantaranya menyediakan fasilitas yang dapat diakses difable, serta menyiapkan panduan pembelajaran berbasis difable.

LP3M juga akan menyediakan dosen pendamping khusus, untuk membantu mahasiswa berkebutuhan khusus ketika mengikuti proses pembelajaran di kelas. Dosen ini juga berperan memberikan bimbingan konseling, atas kendala dan persoalan yang dihadapi oleh mahasiswa difable.

Sementara terkait infrastruktur Unej Taufiq mengakui, memang baru gedung baru yang sudah aksebilitas bagi difable, sedangkan gedung-gedung lama memang masih belum, karena dalam aturan lama tidak diperbolehkan menggunakan lift. Meski demikian Unej secara bertahap akan terus mengupayakan, agar seluruh infrastruktur kampus ramah difable.

(112 views)