Untuk Meminimalisir Kecurangan Kotak Suara Pilpres Dibuat Transparan

Berbeda dengan pemilu sebelumnya dimana kotak suara berbahan alumunium, dalam pemilu 2019 mendatang kotak suara dibuat dari bahan karton transparan. Hal ini dilakukan untuk merespon masukan dari masyarakat, yang bertujuan untuk meminimalisir kecurangan.

Komisioner KPU Kabupaten Jember Ahmad Hanafi menjelaskan, sejumlah masyarakat menginginkan proses pemungutan dan penggitungan suara, dilakukan secara transparan. Karena itu dengan mengganti bahan dasar kotak suara, masyarakat yang ada di TPS bisa memastikan secara langsung, kotak suara benar-benar dalam kondisi kosong sebelum pencoblosan dimulai.

Dengan dibuat transparan lanjut Hanafi, masyarakat juga bisa langsung mengetahui jika ada surat suara yang bukan surat suara resmi dari KPU. Dengan perubahan ini Hanafi berharap, proses pemungutan dan penghitungan suara mulai di tingkat TPS tidak ada kecurangan.

Meski berbahan dasar karton, Hanafi memastikan ketahanan dan keamanan kotak suara ini tidak kalah dengan kotak suara berbahan alumunium. Apalagi bahan karton yang digunakan dipastikan sudah tahan air, sehingga aman meski terguyur hujan.

(64 views)