Puluhan Rumah Warga di Enam Kecamatan Rusak Akibat Gempa

Akibat gempa bumi dengan kekuatan 6,3 SR yang berpusat di Situbondo, puluhan rumah di sejumlah kecamatan di Kabupaten Jember, mengalami rusak ringan hingga berat. Beruntung hingga kamis siang, petugas belum menemukan dan menerima laporan adanya korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kabagops Polres Jember Kompol Harwiyono menjelaskan, gempa bumi yang berpusat di Situbondo juga berdampak terhadap sejumlah kota di Jawa Timur dan Bali, termasuk di 6 kecamatan di Kabupaten Jember. Hingga Kamis siang, Polri, TNI dan tim BPBD Jember mencatat, ada sekitar puluhan rumah warga yang mengalami rusak ringan hingga berat.

Di antaranya 7 rumah warga Kecamatan Sukorambi, 11 rumah di Kecamatan Kaliwates, 2 rumah di Tempurejo, satu rumah di Mumbulsari, 2 rumah di Kecamatan Jelbuk, dan 2 rumah di Kecamatan Arjasa. Harwiyono memastikan, hingga Kamis siang belum ditemukan adanya korban jiwa dalam bencana kali ini. Meski demikian, petugas gabungan masih terus melakukan pendataan lebih lanjut di lapangan.

Lebih lanjut Harwiyono menjelaskan, hingga saat ini, petugas gabungan masih berada di sejumlah lokasi yang terdampak, untuk membantu membersihkan sisa reruntuhan bangunan. Harwiyono memastikan, warga yang terdampak nantinya, akan mendapat bantuan sesuai dengan tingkat kerusakan rumah yang dialaminya.

(63 views)