Bawaslu Temukan Ratusan Pemilih dalam DPT Tidak Memenuhi Syarat

Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Jember, menemukan ratusan pemilih yang terdaftar dalam DPT, ternyata tidak memenuhi syarat. Hal ini disampaikan Komisioner Bawaslu Kabupaten Jember Endah Prasetyowati Rabu siang.

Endah menjelaskan, sejak dibukanya posko pengaduan di seluruh Kecamatan mulai awal September lalu, pihaknya mendapati beberapa temuan terkait daftar pemilih tetap yang sudah ditetapkan oleh KPU. Di antaranya ditemukan 339 nama tidak sah yang masuk dalam DPT, baik karena sudah pindah domisili maupun meninggal dunia.

Selain itu lanjut Endah, Bawaslu menerima laporan ada 67 orang yang mestinya sudah memenuhi syarat sebagai pemilih, tetapi belum masuk dalam DPT. Ada juga 152 orang pemilih yang datanya salah, aerta 20 orang pemilih belum memiliki e-KTP.

Endah memperkirakan jumlah tersebut besar kemungkinan masih akan bertambah, mengingat posko pengaduan di setiap kecamatan masih akan dibuka hingga 20 Oktober mendatang. Temuan tersebut sudah direkomendasikan oleh Bawaslu, agar segera dilakukan perbaikan oleh KPU Kabupaten Jember.

(58 views)