Tidak Ada Prioritas Incumbent dalam Seleksi Komisioner Bawaslu Kabpaten-Kota

Untuk mengisi kekurangan Komisioner Panwaslu Kabupaten, Bawaslu Provinsi Jawa Timur saat ini sedang melakukan proses rekrutmen. 3 Komisioner incumbent tidak secara otomatis kembali terpilih, tetapi diwajibkan mengikuti sejumlah seleksi bersama pendaftar lainnya.

Komisioner Bawaslu Jatim Nurelya Anggraeni melalui telefon selularnya menyebutkan, hari ini Bawaslu Jatim sedang melaksanakan fit propertest hari terakhir. Sesuai aturan terbaru Panwaslu Kabupaten-Kota berubah nama menjadi Bawaslu Kabupaten-Kota, dengan Komisioner untuk Kabupaten 5 orang dan 3 orang untuk kota, kecuali Surabaya dan Malang.

Eli menegaskan semua peserta memiliki kesempatan yang sama dengan 3 komisioner incumbent. Bedanya hanya incumbent dipastikan lolos seleksi administrasi, serta tidak perlu mengikuti tahapan wawancara dengan pansel tetapi diganti dengan penilaian kinerja. Selanjutnya incumbent yang dinyatakan lolos akan mengikuti fit propertest bersama 10 besar peserta lolos seleksi lainnya. Meski demikian Eli memastikan tidak ada prioritas apapun bagi incumbent.

Hasil fit propertest yang dilaksanakan sejak hari Selasa hingga hari ini lanjut Eli, nantinya akan dikirim kepada Bawaslu RI. Sebab sesuai aturan, Bawaslu RI yang memiliki kewenangan untuk menentukan 5 komisioner bawaslu kabupaten dan kota terpilih.

(70 views)