Jenasah TKI Asal Ajung 11 Hari Terlantar di Malaysia

TKI asal Desa Klompangan Ajung Amintyas Wahyudi yang sudah 4 bulan bekerja sebagai cleaning service di sebuah perusahaan otomotif Malaysia, meninggal dunia dan jenasahnya 11 hari terlantar di Malaysia.

Sekjen DPP Federasi Tenaga Kerja Indonesia FTKI Sarbumusi Nahdlatul Ulama Mohammad Rosul menceritakan, Amin dirawat di Rumah Sakit sejak 27 Mei lalu dan meninggal dunia di hari yang sama. Hingga saat ini jenasah amin masih berada di kamar mayat Rumah Sakit Malaysia.

Rosul yang baru mendengar kabur tersebut langsung menghubungi pihak KBRI di Malaysia untuk meminta bantuan. Namun pihak KBRI tidak menyanggupinya, dengan alasan tidak memiliki anggaran untuk pemulangan jenasah TKI.

Rosul kemudian meminta bantuan kepada Kementerian Ketenagakerjaan, karena meski berangkat ke Malaysia dengan status sebagai TKI ilegal, Amin tetap merupakan warga Indonesia yang berhak mendapat perlindungan dari pemerintah.

Kementerian Ketenagakerjaan akhirnya bersedia membantu proses pemulangan jenasah Amin. Setelah Jenasah Amin dimandikan dan di sholati di Rumah Sakit, kemudian di karantina hingga di berangkatkan kembali ke Indonesia Sabtu kemarin.

(63 views)