Selama Ramadan Jam Pelajaran Siswa SMA-SMK dikurangi

IMG-20171114-WA0012

Selama bulan Ramadan proses belajar mengajar di SMA dan SMK, berkurang dibanding hari biasa. Pengurangan jam belajar ini disesuaikan dengan jam kerja Aparatur Sipil Negara yang juga berkurang.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur Wilayah Jember Lutfi Isa Anshori menjelaskan, dihari biasa satu jam pelajaran berlangsung 45 menit. Namun khusus selama bulan Ramadan ini satu jam pelajaran hanya berlangsung 30 menit. Sehingga siswa yang biasanya pulang jam 3 sore, selama Ramadan akan pulang jam 1 siang.

Sesuai Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur, meski sudah dilakukan pengurangan jam belajar, di sela-sela pelajaran nanti juga akan disisipi kegiatan pondok ramadan, yang akan dimulai tanggal 28 Mei hingga 2 Juni mendatang.

Lebih jauh Lutfi menjelaskan, bagi siswa yang beragama non Muslim, pihak sekolah akan memberikan kegiatan lain seperti materi pendidikan cinta tanah air. Di awal Ramadan mulai hari ini siswa diliburkan, dan akan masuk kembali tanggal 23 Juni mendatang.

(93 views)