Polres Lakukan Upaya Represif dan Preventif Agar Tidak Ada Korban Miras Oplosan Di Jember

IMG-20180416-WA0018

 

Polres Jember lakukan upaya represif dan preventif, untuk mengantisipasi adanya korban miras oplosan seperti yang terjadi di Jawa Barat beberapa waktu lalu. Langkah represif dengan menangkap penjual dan menyita Ribuan botol miras ilegal, sedangkan langkah preventif dilakukan dengan cara memasang stiker himbauan di Apotik dan Minimarket berjaringan.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo menceritakan, peredaran miras di Kabupaten Jember semakin memperihatinkan. Bahkan dalam seminggu melakukan razia ke sejumlah toko, polisi berhasil mengamankan 3.762 botol dan 21 jerigen miras berbagai merek.

Agar kasus tewasnya 61 orang pemuda di Jawa Barat akibat miras oplosan tidak terjadi di Jember, selain melakukan upaya represif Polres Jember juga melakukan langkah pencegahan, dengan menempel stiker himbauan di sejumlah minimarket dan apotik. Apotik dan minimarket diminta untuk lebih selektif melayani pembelian alkohol, dan menjelaskan kepada pembeli bahwa alkohol yang dijual merupakan obat luar, bukan untuk diminum.

Lebih jauh Kusworo menjelaskan, masyarakat awam belum banyak yang tahu, bahwa kandungan alkohol dalam minuman keras pabrikan berbeda dengan alkohol yang dijual di apotik. Sebab alkohol yang dijual di apotik sangat beracun jika dikonsumsi. Karena itu Kusworo berharap para orang tua lebih meningkatkan pengawasan terhadap putra putrinya.

(49 views)