Kodim 0824 Jember Kembalikan Buku “57 Khutbah Jumat”

WHITE

 

Kodim 0824 Jember Senin pagi mengembalikan 3 Ribu buku berjudul “57 KHUTBAH jumat” kepada Pemimpin Lembaga Islam Integral Ali Assegaf selaku penulisnya. Dengan demikian mulai hari ini Kodim tidak bertanggung jawab apapun, berkaitan dengan buku tersebut.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Infanteri Arif Munawar menjelaskan, setelah buku tersebut dikembalikan kepada pemiliknya, dirinya ecara pribadi maupun atas nama Kodim 0824, tidak lagi bertanggung jawab atas buku tersebut.

Kodim 0824 mendapat buku tersebut dari Ali Assegaf, dalam acara sarasehan merekatkan bangsa memperkokoh NKRI di Makodim 0824 pertengahan Maret lalu. Namun karena dari hasil kajian MUI Jember disarankan untuk tidak disebarkan, maka dirinya langsung mengkondirmasi dan memutuskan untuk mengembalikan buku tersebut kepada pemiliknya.

Sementara Ali Assegaf usai menerima buku tersebut dari komandan Kodim 0824 menilai, pengembalian tersebut merupakan bukti bahwa TNI tidak membredel buku yang ditulisnya. Bahkan Ali menilai Kodim 0824 Amanah, karena mengembalikan buku tersebut langsung kepadanya, bukan kepada pihak lain.

Diberitakan sebelumnya, saat peluncuran buku berjudul “57 Khutbah Jumat” bersamaan dengan sarasehan merekatkan bangsa memperkokoh NKRI di Makodim 0824 pertengahan Maret lalu, Kodim diminta ikut menyebarkan buku tersebut kepada masyarakat dan jajaran di bawahnya.

Namun setelah dilakukan kajian oleh MUI Jember, selain dinilai belum memiliki IJIN edar sebagaimana mestinya, mui menilai isi buku tersebut bertentangan dengan faham mayoritas muslim di Jember. Sehingga agar tidak menimbulkan konflik, mui menyarankan agar buku tersebut tidak disebarkan.

(58 views)