Jumlah Kursi DPRD Jember Dalam Pileg 2019 Nanti Tidak Mungkin Bertambah

WHITE

 

Jumlah kursi DPRD Jember dalam Pemilu 2019 mendatang, masih akan tetap sebanyak 50 orang. Karena untuk bertambah menjadi 55 orang, masih butuh penduduk minimal 400 Ribu orang lagi. Demikian disampaikan Komisioner KPU Kabupaten Jember Ahmad Hanafi.

Menurut Hanafi, sesuai Peraturan KPU Nomor 16 Tahun 2017, jumlah kursi DPRD Kabupaten dan Kota tidak dihitung berdasarkan jumlah pemilih, tetapi di hitung dari total jumlah penduduk. Untuk bisa bertambah menjadi 55 kursi, sebuah kabupaten harus memiliki penduduk minimal 3 Juta jiwa.

Sementara di Kabupaten Jember sendiri berdasarkan data kependudukan dari Kemendagri, baru ada 2,6 juta jiwa. Artinya butuh 400 Ribu jiwa lagi agar bisa menambah jumlah kursi DPRD Kabupaten. Mungkin beberapa tahun kedepan jumlah tersebut bisa terpenuhi, namun tidak mungkin jika untuk tahun 2019 mendatang.

Diberitakan sebelumnya, selain tidak akan ada penambahan jumlah kursi DPRD Jember, alokasi kursi DPRD jember di Dapil 1 justru berkurang satu kursi, dan dialihkan ke Dapil 2. Sehingga Dapil 1 yang sebelumnya mendapat alokasi 9 kursi menjadi 8 kursi, sedangkan Dapil 2 dari 6 kursi menjadi 7 kursi.

 

(255 views)