FKUB Desak Forkopimda Rapatkan Barisan Antisipasi Keretakan Kerukunan Antar Umat Beragama

IMG-20180213-WA0032

Forum Kerukunan Umat Beragama atau FKUB Jember, mendesak Bupati beserta jajaran Forkopimda, merapatkan barisan untuk menjaga stabilitas keamanan di Kabupaten Jember, menyusul peristiwa penganiayaan terhadap Kyai dan Ustadz serta penyerangan Gereja.

Ketua FKUB Jember Abdul Muis mengecam keras kekerasan terhadap Kyai dan Ustadz, serta penyerangan Gereja yang terjadi di sejumlah daerah akhir-akhir ini. FKUB juga mendesak aparat penegak hukum segera mengusut tuntas, dan memberikan sangsi tegas kepada para pelakunya.

Muis mengecam keras segala bentuk kekerasan dengan mengatasnamakan agama, yang justru berpotensi mengadu domba antar pemeluk agama. Padahal selama ini toleransi antar umat beragama sudah terjalin dengan sangat baik.

Muis menilai masyarakat Jember masih trauma dengan isu santet tahun 1998 di Banyuwangi, yang juga berimbas kepada kerukunan umat beragama di Kabupaten Jember. Kerna itu FKUB menghimbau kepada seluruh masyarakat, untuk menahan diri dan tidak mudah terprovokasi aksi-aksi kekerasan yang mengatasnamakan agama.

(138 views)