Warga Kaliwates Juga Belum Bisa Manfaatkan Ambulance Desa

Setelah warga Desa Pace Silo menilai manfaat Ambulance Desa belum bisa dirasakan oleh masyarakat, keluhan serupa juga dialami warga Kelurahan Kaliwates, karena meski sudah didistribusikan ternyata belum ada kunci dan pengemudi Ambulance tersebut.

Hal ini diungkapkan ma’un, salah satu Ketua RT di Kelurahan Kaliwates. Menurut Ma’un, dirinya sudah 3 kali mencoba memanfaatkan Ambulance yang diparkir di Puskesmas pembantu tersebut, untuk membantu membawa warga miskin ke Rumah Sakit, tetapi tidak pernah bias.

Saat ditanyakan kepada petugas yang ada di Puskesmas Pembantu, ternyata meski fisik Ambulance sudah berada di pustu, kunci ambulance itu masih berada di Puskesmas induk, karena sejauh ini masih belumada petunjuk tehnis operasionalnya.

Mestinya lanjut Ma’un, ketika diserahkan kepada Pustu, kunci dan pengemudi Ambulance juga harus ada, sehingga bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Jember Siti Nurul Qomariyah ketika dikonfirmasi membenarkan kunci Ambulance kelurahan Kaliwates masih berada di Puskesmas induk. Sebab sampai hari ini Ambulance tersebut masih dalam proses pengurusan dokumen nomor polisi, sehingga belum bisa dioperasionalkan.

(65 views)