IBW Ancang-Ancang Tempuh Jalur Hukum Jika APBD 2018 Terlambat

Koordinator Lsm Indonesia Birocration Watch Sudarsono, mengancam akan melakukan gugatan hukum, jika APBD Jember Tahun 2018 ditetapkan tidak sesuai dengan hasil pembahasan KUA PPAS 1 November lalu.

Sudarsono menilai polemik tentang APBD 2018 sudah pada titik yang memuakkan. Sudarsono melihat biang macetnya pembahasan APBD 2018, selain karena polemik KUA PPAS, juga akibat Bupati mengulang keterlambatan pengajuan Draft R-APBD seperti tahun sebelumnya.

Sudarsono berpendapat, Bupati mestinya tidak memaksakan kehendaknya sendiri menolak re-alokasai anggaran, yang merupakan salah satu hasil pembahasan antara Badan Anggaran DPRD dan Tim Anggaran Pemkab. Jika Bupati mau mentaati aturan Perundang-Undangan dan menghormati hasil pembahasan, tentu pembahasan APBD 2018 tidak akan macet.

Lebih jauh Sudarsono menjelaskan, jika benar-benar berpihak kepada kepentingan rakyat, harusnya baik DPRD maupun Bupati sama-sama mematuhi aturan yang ada, tanpa harus saling tuding siapa yang bersalah. Jika sampai APBD deadlock dan harus menggunakan asumsi APBD 2017 lalu, IBW mengancam akan menempuh jalur hukum.

(85 views)