Tahun Ini Diprediksi Mayoritas SMA-SMK Swasta Laksanakan UNBK Secara Mandiri

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur Di Jember Lutfi Isa anshori memprediksi, tahun ini akan semakin banyak SMA-SMK swasta yang bisa melaksanakan UNBK secara mandiri.

Kepada sejumlah wartawan Isa menjelaskan, tahun lalu dirinya mencatat setidaknya ada 40 lembaga SMA-SMK swasta di bawah Pemprov Jawa Timur, melaksanakan UNBK menumpang di sekolah lain. Sebab 40 lembaga tersebut belum memiliki sarana-prasarana yang memadai.

Namun di pertengahan tahun ini, Pemprov Jawa Timur sudah memberikan bantuan berupa sarana komputer kepada beberapa lembaga SMA-SMK swasta. Dengan demikian Lutfi memperkirakan, tahun ini akan semakin banyak SMA-SMK swasta yang sudah bisa melaksanakan unbk berbasis komputers secara mandiri.

Lebih jauh Lutfi menjelaskan, saat ini pihaknya masih terus melakukan proses pendataan, untuk menghitung berapa jumlah siswa, yang bisa UNBK secara mandiri. Sedangkan untuk sekolah yang tahun kemarin memang sudah melaksanakan UNBK secara mandiri, saat ini mulai melakukan simulasi, untuk memastikan tidak terjadi kendala tehnis saat pelaksanaan UNBK.

(45 views)