PA Gelar Sidang Perdana Pembatalan Akta Nikah Pasangan Sejenis

Terdakwa kasus pernikahan sejenis berinisial SB dan MF, Selasa siang menjalani sidang perdana pembatalan akta nikah di Pengadilan Agama Jember. Dalam sidang kali ini Majelis Hakim Pengadilan Agama Jember, menghadirkan KUA Ajung selaku penggugat, dengan agenda Pembacaan Permohonan Pembatalan Akta Nikah.

Menurut Kuasa Hukum Terdakwa Hamidatul Umami, sesuai pasal 1 Undang-Undang Perkawinan Nomor 1 Tahun 1974, perkawinan dianggap sah apabila pasangan terdiri dari laki-laki dan perempuan, dengan syarat tertentu. Untuk itu, perkawinan sejenis antara SB warga Ajung dan MF warga Panti, bisa dinyatakan tidak sah secara hokum.

Meski demikian pembatalan akta nikah yang sudah terlanjur dikeluarkan oleh Kantor Kementerian Agama, hanya bisa dibatalkan melalui sidang di Pengadilan Agama. Karena itu dalam sidang pertama kali ini, Majelis Hakim Pengadilan Agama menghadirkan KUA Ajung selaku penggugat yang diwakili oleh Jaksa Penuntut Umum Ahmad Nuril Alam, serta kedua pasangan sejenis selaku tergugat.

Sementara Jaksa Penuntut Umum Ahmad Nuril Alam menjelaskan, usai sidang pertama dengan agenda pembacaan permohonan pembatalan akta nikah, dengan menghadirkan penggugat dan tergugat, pekan depan Majelis Hakim Pengadilan Agama Jember akan melanjutkan sidang dengan agenda pemanggilan saksi.

Nuril mengapresiasi sikap kedua terdakwa selama sidang perdananya berlangsung hari ini. Kedua terdakwa mengakui serta menyesali semua perbuatan yang telah dilakukannya.

(68 views)