Tentang Stock Pupuk Bersubsidi di Jember Hanya Cukup Sampai Pertengahan November

Ketersediaan pupuk di kabupaten jember, diprediksi hanya cukup sampai pertengahan bulan november saja. Padahal bulan Desember memasuki musim tanam, sehingga kebutuhan pupuk petani semakin besar dibanding biasanya.

Hal ini diketahui ketika Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida atau KP3 Kabupaten Jember, melakukan sidak di Gudang Penyimpanan Pupuk Kaltim di Dusun Rambigundam Rambipuji Rabu pagi. Asisten 2 Pemkab Jember Edi Budi Susilo menjelaskan, hingga satu bulan kedepan ketersediaan pupuk masih aman.

Tetapi ketersediaan pupuk tersebut di pertengahan November diperkirakan sudah habis. Padahal di bulan Desember biasanya sudah memasuki musim tanam, dimana saat itu kebutuhan pupuk petani mengalami peningkatan. Meski demikian Edi minta petani tidak resah dengan isu kelangkaan pupuk, karena saat ini Pemkab sudah berkirim surat kepada Pemprov Jatim, untuk meminta tambahan kuota pupuk di bulan November mendatang.

Sementara Account Executive Pupuk Kaltim Wilayah Jember Lumajang Probolinggo Ali Maksum mengatakan, sesuai aturan Pemerintah persediaan pupuk yang ada di Gudang hanya untuk kebutuhan 3 minggu. Meski demikian pengiriman stock akan terus dilakukan, untuk menjamin tidak terjadi kelangkaan.

Ali menjelaskan, packing pupuk Kaltim untuk wilayah Jember Lumajang dan Probolinggo berada di Banyuwangi. Ali berharap tidak terjadi hambatan dalam proses pengiriman, seperti kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Jalur Gumitir, yang sering kali menimbulkan keterlambatan pengiriman.

 

(26 views)