Belum Ada Pengemudi Puluhan Ambulance Desa Masih Parkir di Kantor Dinas Kesehatan

Puluhan Ambulance Desa hingga saat ini masih parkir di Kantor Dinas Kesehatan, akibat belum selesainya proses administrasinya. Selain itu sekitar 40 Ambulance Desa yang merupakan salah satu janji Bupati tersebut, belum tersedia pengemudinya.

Kepala Dinas Kesehatan Jember Siti Nurul Qomariyah menjelaskan, Dinas Kesehatan sudah menyiapkan anggaran untuk biaya operasional Ambulance tersebut, diantaranya untuk honor pengemudi, biaya BBM 150 liter perbulan untuk setiap Ambulance, serta biaya pelatihan live support.

Namun karena saat ini proses administrasi masih belum selesai, dan rekrutment pengemudi Ambulance juga masih dalam proses, maka untuk sementara 40 unit Ambulance yang sudah datang di belum didistribusikan ke Desa-Desa, tetapi masih parkir di Kantor Dinas Kesehatan.

Lebih jauh Nurul menjelaskan, sedangkan untuk 100 Ambulance yang juga dianggarkan dalam Perubahan APBD 2017, rekrutment pengemudi dan biaya operasional baru akan dianggarkan dalam APBD 2018 mendatang, karena proses lelang juga masih butuh proses panjang.

Sebelumnya DPRD Jember mempersoalkan masuknya anggaran pengadaan 100 unit Ambulance Desa dalam P-APBD 2017. DPRD mempertanyakan kesiapan Dinas Kesehatan, karena untuk 50 unit Ambulance dari pengadaan APBD 2017 awal saja, sampai saat ini belum siap baik pengemudi, perawat maupun biaya operasionalnya.

(64 views)