Puluhan Warga Desa Cangkring Lakukan Aksi Ujuk Rasa

Puluhan warga Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah, membuktikan ancamannya untuk melakukan aksi unjuk rasa. Mereka menuntut agar segera ada tindakan tegas, terhadap Kepala Desa Cangkring yang diduga kuat melakukan sejumlah penyelewengan.

Korlap Aksi yang juga Ketua BPD Cangkring Jenggawah Mardiono mengatakan, hampir seluruh masyarakat sudah mengetahui, dugaan penyelewengan Dana Desa atau DD, Alokasi Dana Desa atau ADD dan Tanah Kas Desa, yang diduga dilakukan Kades Cangkring tahun anggaran 2016 lalu.

Namun sayangnya sampai saat ini, dugaan penyelewengan dana sebesar 600 Juta Rupiah lebih tersebut tidak pernah diproses. Karena sebelumnya warga sudah melaporkan hal ini kepada Inspektorat dan Kejaksaan, hari ini warga menagih kepada pihak-pihak terkait untuk segera menindaklanjuti laporan warga.

Sementara Wakil Bupati Jember Abdul Muqit Arief usai menemui perwakilan warga menjelaskan, memang pagi sebelumnya dirinya sudah meminta klarifikasi kepada Kepala Inspektorat, tentang persoalan yang dikeluhkan warga Desa Cangkring.

Ternyata menurut Inspektorat, laporan yang diajukan oleh warga masih ada beberapa persyaratan yang kurang. Namun karena hari ini warga sudah melengkapinya, Muqit memerintahkan Inspektorat untuk segera menindaklanjuti laporan tersebut.

Sebelumnya Kepala Desa Cangkring Jenggawah Zaini, mengaku sudah melaksanakan proyek pembangunan infrastruktur di daerahnya sesuai prosedur hukum yang berlaku. Untuk itu Zaini mengaku siap, jika sewaktu-waktu pihak Inspektorat ataupun Kejaksaan akan melakukan pemeriksaan di desanya.

(776 views)