Dinas Peternakan Minta Panitia Qurban Waspadai Hewan Qurban yang Terinfeksi Penyakit

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan atau DKPP Jember dalam waktu dekat akan melakukan Sidak, untuk memastikan hewan qurban yang dijual di pasaran sudah cukup umur dan bebas dari penyakit. Demikian disampaikan Kepala Seksi pengoLahan Pemasaran dan Investasi DKPP Jember Muhammad Khotib.

Menurut Khotib, meski pihaknya akan berkeliling melakukan Sidak, namun tidak menutup kemungkinan masih ada pedagang nakal yang menjual hewan qurban tidak layak konsumsi. Untuk itu Khotib menghimbau kepada seluruh Panitia Qurban, untuk ikut berperan melakukan pengawasan.

Panitia qurban diharapkan tidak memaksakan memotong hewan qurban yang tidak memenuhi syarat umur, atau berkoordinasi terlebih dahulu dengan Dinas Peternakan jika ada hewan qurban yang di curigai terinfeksi penyakit.

Lebih jauh Khotib menjelaskan, karena hewan yang terinfeksi penyakin sangat berbahaya jika dikonsumsi manusia, pihaknya akan menyiapkan klinik khusus hewan qurban secara gratis. Sehingga jika Panitia Qurban menemukan adanya hewan yang sakit, bisa langsung di bawa berobat ke Klinik Hewan sebelum di potong.

 

(37 views)