Dispenduk Laporkan Perbankan yang Tolak Nasabah Gunakan Surat Keterangan ke OJK

Akibat tidak menerima nasabah menggunakan Surat Keterangan Pengganti KTP dan E KTP dengan masa berlaku, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil melaporkan sejumlah Perbankan ke Otoritas Jasa Keuangan Jember.

Kepala Dispendukcapil Jember Arif Cahyono menilai, lembaga Perbankan yang menolak nasabah menggunakan Surat Keterangan dan E-KTP dengan masa berlaku melanggar Undang-Undang. Sehingga masyarakat bisa melaporkan peristiwa ini kepada Komisi Ombudsmen.

Selain akan berkirim surat kepada OJK secara kelembagaan, Arif juga menyarankan masyarakat melaporkan langsung kepada OJK jika mengalami hal ini. Sebab dalam Undang-Undang 24 tahun 2013 sudah dijelaskan, E-KTP berlaku seumur hidup. Bahkan jika E-KTP belum bisa dicetak, untuk sementara masyarakat bisa menggunakan Surat Keterangan.

Sementara Kepala Ojk Jember Mulyadi ketika dikonfirmasi Kamis siang mengatakan, pihaknya akan mempelajari terlebih dahulu Surat Keterangan yang dikeluarkan oleh Dispenduk. Sebab pelayanan Perbankan sangat sensitif, sehingga harus dipastikan keamanan bagi nasabah.

(132 views)