Selasa Pekan Depan Pimpinan DPRD Akan Bahas 3 Nama Calon Sekwan

Selasa pekan depan pimpinan DPRD Jember akan menggelar rapat, untuk membahas 3 nama calon sekretaris DPRD yang diusulkan oleh bupati. Ketiga nama tersebut masing-masing Slamet Mujoko, Mansur dan Jupriono.

Wakil ketua DPRD Jember Ayub Junaedi mengatakan, DPRD Jember tertanggal 17 April 2017 lalu sudah menerima surat dari bupati, yang isinya mengusulkan 3 nama hasil open bidding untuk menempati posisi Sekretaris DPRD. Untuk membahas surat tersebut Selasa pekan depan pimpinan dewan akan menggelar rapat.

Secara pribadi Ayub menilai, lelang terbuka yang dilakukan bupati dan juga tahap pengusulan ke DPRD sudah benar sesuai perundang-undangan. Hanya saja ada tahapan yang dinilai masih menyisakan masalah, yakni proses pemberhentian sekwan sebelumnya yang menurut DPRD jelas-jelas melanggar undang-undang. Namun Ayub enggan berandai-andai, karena keputusan diterima atau ditolaknya usulan 3 nama tersebut akan diputuskan melalui rapat pimpinan Selasa pekan depan.

Sebelumnya DPRD Jember sempat menggunakan hak interpelasi, karena bupati dinilai melanggar undang-undang dalam proses pemberhentian Sekretaris DPRD Jember. Bahkan gubernur Jawa Timur Sukarwo juga mengirimkan surat teguran, agar dalam proses mengangkat dan memberhentikan Sekretaris DPRD harus sesuai undang-undang, yakni atas persetujuan pimpinan dewan.

Namun hingga saat ini bupati belum juga mengembalikan posisi Sekwan, tetapi justru mengangkat Plt Sekwan sambil menunggu proses open bidding selesai.

(116 views)