10 KUB Binaan BI Tandatangani MoU Dengan BPJS Ketenagakerjaan

Sedikitnya 10 kelompok usaha informal binaan Bank Indonesia Jember, Kamis siang menandatangani MoU bersama BPJS ketenagakerjaan. MoU antara BPJS Ketenagakerjaan dengan kelompok usaha informal ini pertama kali dilakukan di Indonesia, dan merupakan pilot project untuk di terapkan di daerah-daerah lain.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Jember Cahyaning Indriasari menilai, sektor informal memiliki tingkat resiko kecelakaan lebih tinggi dibandingkan sektor formal, yang pada akhirnya menyusahkan pihak keluarga. Dengan mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan setidaknya kesulitan yang dialami keluarga bisa lebih ringan.

Hari ini menurut Cahyaning terdapat 10 kelompok usaha binaan Bank Indonesia Jember melakukan penandatanganan MoU dengan BPJS Ketenagakerjaan. Sedangkan 7 kelompok usaha binaan BI yang lain akan segera menyusul. Untuk progam yang ditawarkan sektor usaha informal lanjut Cahyaning, berupa jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

Sementara kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Jember Ahmad Bunyamin, mengapresiasi penandatanganan kerjasama kelompok usaha binaan BI dengan BPJS Ketenagakerjaan. Dari 17 kelompok usaha binaan BI, sedikitnya terdapat 2 ribu tenaga kerja sektor informal yang akan terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan.

(164 views)