Pembinaan Terhadap Narapidana Anak Masih Bergantung Pada Swasta

Pembinaan terhadap narapidana anak masih bergantung kepada lembaga pembinaan swasta. Sebab hingga saat ini pemerintahan belum menyediakan lembaga khusus, untuk menangani pembinaan terhadap narapidana di bawah umur.

Kepala bagian pembimbing kemasyarakatan bidang anak badan pemasyarakatan kelas 2A Jember Suharyono menjelaskan, pihaknya terpaksa menggandeng lembaga pembinaan swasta, untuk memberikan pembinaan terhadap narapidana di bawah umur. Sebab meskipun ada Badan Latihan Kerja milik pemerintah, namun secara administrasi BLK belum bisa mengcover narapidana anak.

Padahal menurut Suharyono, tidak semua lembaga pelatihan kerja swasta memenuhi syarat. Meski demikian kerjasama dengan lembaga pelatihan kerja swasta terpaksa dilakukan, karena sudah menjadi tuntuntan Bapas untuk menyediakan pelatihan terhadap anak pasca divonis pengadilan.

          Lebih jauh Suharyono menjelaskan, pihaknya juga sudah mengajukan penambahan personil Bapas Jember, untuk mengantisipasi kekurangan tenaga dalam mengurus narapidana dibawah umur. Namun hingga saat ini masih belum ada konfirmasi lebih lanjut dari pusat. Padahal jumlah narapidana anak di Jember  semakin bertambah setiap harinya.

(790 views)