“Bullying” Budaya Negatif Yang Sulit Dihilangkan

Bullying atau penindasan adalah penggunaan kekerasan, ancaman, atau paksaan untuk menyalahgunakan atau mengintimidasi orang lain. Nah perilaku ini bisa menjadi suatu kebiasaan dan melibatkan ketidakseimbangan kekuasaan sosial atau fisik. Hal ini dapat mencakup pelecehan secara lisan atau ancaman, kekerasan fisik atau paksaan dan dapat diarahkan berulang kali terhadap korban tertentu, mungkin atas dasar ras, agama, gender, seksualitas, atau kemampuan.

Bullying bisa dibagi ke 2 tipe, yaitu fisik dan psikologis.
1. Penindasan Fisik


Merupakan tindakan penindasan dengan kontak secara fisik yang menimbulkan perasaan sakit fisik, luka, cedera, atau penderitaan fisik lainnya. Contohnya memukul, menampar, atau menendang orang lain.

 

2. Penindasan Psikologis


Tindakan penindasan yang menimbulkan trauma psikologis, ketakutan, depresi, kecemasan, atau stres. selain itu juga menimbulkan kegalauan.

FAKTOR

1. Kecenderungan permusuhan


Dalam hubungan keluarga maupun pertemanan, permusuhan seringkali tak bisa dihindari. Merasa dimusuhi akan membuat anak merasa dendam dan ingin membalasnya, seakur akurnya kita sama oranglain pasti ada waktunya pemikiran kita dan dia tolak menolak

2. Kurang perhatian


Banyak orangtua yang kurang kasih perhatian dan kasih sayang ke anaknya sehingga mereka mencari perhatian dari oranglain… Salah satunya pujian pada kekuatan dan popularitas mereka di dunia luar

3. Gender sebagai Laki Laki!


Seringkali laki-laki berpikiran dirinya harus menjadi sosok yang kuat dan menang dalam perkelahian. Hal ini menjadi image kuat yang menempel pada anak laki-laki dan mereka harus mendapat pengakuan bahwa mereka lah yang lebih kuat dibandingkan teman laki-laki lainnya…

4. Riwayat korban kekerasan


Biasanya, anak yang pernah mengalami kekerasan khususnya dari orang tua lebih cenderung ‘balas dendam’ pada temannya di luar rumah.. (pelampiasan amarah)

5. Riwayat berkelahi


Kadang berkelahi untuk membuktikan kekuatan bisa menjadikan seseorang ketagihan untuk tetap melakukannya. Bisa jadi karena mereka senang karena memperoleh pujian oleh banyak orang.

6. Ekspos kekerasan dari media


Televisi, video game, dan film banyak menyuguhkan adegan kekerasan, atau perang. Meski seharusnya, orang tua melakukan pendampingan saat menonton atau bermain video game untuk anak di bawah umur, nyatanya banyak yang belum melakukan ini… Karena adegan tersebut mereka jadi terinspirasi buat melakukan itu di real life nya….

EFEK


1. Prestasi belajar menurun


Banyak korban bullying awalnya sosok yang pintar dan cerdas, tetapi karena dibully mereka kehilangan percaya diri, tertekan, mood nya rusak, kemauan belajar menurun.

2. Phobia sekolah


Bullying membuat semangat korbannya ke sekolah turun! Mereka berpikir lebih baik diam di rumah daripada harus ke sekolah..

3. Gelisah


Korban seringkali gelisah memikirkan perlakuan-perlakuan dari pelaku yang dilakukan buat dirinya.

4. Penyendiri


Menyendiri, yap jalan terbaik yang ada di benak para korban bullying. Mereka mulai kehilangan kepercayaan kepada orang lain sehingga berpikiran untuk menyimpan rapat2 masalahnya daripada harus diceritakan ke oranglain.

5. Agresif atau Lekas Marah


Emosi para korban bullying selalu ada di level tinggi.

6. Depresi


Bullying juga menjadi penyebab depresi. Malah, sebagian besar kasus bunuh diri awalnya disebabkan oleh bullying yang diterima di lingkungan pergaulan. Sampai-sampai muncul istilah bullycide yang berasal dari kata bullying dan suicide, yaitu bunuh diri yang disebabkan oleh bullying dan depresi, seperti yang dikemukakan oleh JoLynn Carney, psikolog dari Amerika Serikat.

7. Bunuh Diri/ Suicide


Ini dia yang paling fatal! Bullying membuat korbannya tertekan, depresi dan akhirnya bunuh diri.. Terutama jika menjadi korban bullying dan tidak memiliki tempat atau orang yang bisa menolong. Sehingga mereka lebih memilih untuk mengakhiri hidupnya karena merasa tidak diterima oleh lingkungannya dan merasa hidupnya tidak ada artinya lagi.

source http://www.kaskus.co.id/thread/56a3aa221ee5df5b438b456a/quotbullyingquot-budaya-negatif-yang-sulit-dihilangkan

(831 views)