Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Kita Tidak Makan Dalam Waktu Lama

Kita semua tau bahwa makanan itu merupakan suatu yang sangat penting bagi tubuh kita untuk bertahan hidup. Dan pastinya makanan itu memiliki banyak cita rasa yang berbeda-beda dan beberapa diantaranya pasti sangat lezat bagi agan. Tapi tahukah agan, apa yang akan terjadi kalo agan berhenti mengkonsumsi makanan ?

Sebuah video yang dirilis oleh AsapSCIENCE menunjukkan fakta mengejutkan tentang reaksi tubuh ketika benar-benar tidak mendapat asupan makanan selama 3minggu. Hal Ini tentu bisa jadi perhatian khusus bagi mereka yang sedang melakukan diet ketat.

6 jam pertama tanpa asupan makanan

Pada tahap ini semuanya masih terasa normal, tetapi tubuh agan mulai memecah glikogen yang mengubah energi dalam tubuh menjadi glukosa. Seperti diketahui, sekitar 25 persen dari energi yang dihasilkan digunakan khusus untuk otak agan dan sisanya untuk otot, serta sel-sel darah merah.
Setelah lebih dari enam jam, produksi energi akan berhenti karena produksi glikogen terkuras habis. Hal tersebut dapat mempengaruhi kondisi psikologis agan sehingga agan menjadi orang yang mudah marah/emosi.

6-72 jam

Karena sudah hampir lebih dari satu hari tidak mendapat asupan makanan, pada tahap ini kondisi tubuh Anda mulai masuk pada keadaan yang disebut ketosis. Keadaan ini terjadi karena minimnya kandungan karbohidrat, sehingga memaksa tubuh agan untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi. Karena lemak tidak dapat dialirkan ke pembuluh darah, maka otak agan merespon untuk merubah lemak menjadi asam lemak (Keton) dan hanya 75% energi yang bisa diterima otak agan dari keton. Bagimanapun otak agan tetap butuh glukosa. Kondisi seperti ini disebut ketosis dan dalam kondisi ini fungsi kognitif pada otak agan mungkin akan mengalami sedikit gangguan.

Perlu agan tau, orang tidak harus kelaparan agar tubuhnya memasuki fase ketosis. Fase ketosis ini biasanya terjadi pada orang yang diet karbohidrat dan juga sering terjadi pada atlit professional yang tubuhnya memproses karbohidrat secara boros seperti pelari marathon.

72 jam

Lebih dari 72 jam tanpa asupan makanan, agan akan merasakan bad mood dan tubuh agan terus mengalami penderitaan. Tanpa glukosa dan lemak, otak agan akan merespon untuk memecahkan protein dari otot agan untuk digunakan sebagai energy. Protein akan melepaskan asam amino dan diubah menjadi glukosa. Ini merupakan faktor yang baik bagi otak agan tetapi merupakan hal yang buruk bagi tubuh agan. Pada dasarnya, tubuh agan akan mengorbankan dirinya sendiri dengan cara menghancurkan massa otot agan.

Pada wanita dalam fase ini dapat mengalami gangguan menstruasi dikarenakan karena tubuh mulai membatasi penggunaan energy.
Wanita dan pria juga akan merasakan penurunan libido.

1-2 minggu

Pada fase ini, karena tubuh agan tidak mendapatkan asupan vitamin dan mineral maka sistem kekebalan tubuh agan menjadi lemah dimana mungkin dapat menyebabkan seseorang meninggal dunia karena rentan terserang penyakit.
Selain itu tubuh agan akan tetap bekerja dan menggunakan semua sumber energy yg tersisa hingga tubuh agan kehabisan glukosa, lemak, dan massa otot. Jika kematian terjadi pada fase ini, umumnya disebabkan oleh penyakit kardiovaskular seperti gagal jantung karena jantung kehilangan massa ototnya sehingga tidak cukup kuat lagi untuk memompa darah.
Hal seperti ini juga biasanya terjadi pada penderita anorexia dimana organ2 tubuhnya mulai berhenti bekerja.

3 minggu – 70 hari

Pada umumnya kelaparan akan menyebabkan kematian pada sekitar 3 minggu – 70 hari seperti yang telah terjadi ketika Irlandia dilanda kelaparan pada tahun 1981. Dan bagaimanapun juga durasi atau waktu lamanya agan bisa bertahan hidup tanpa asupan makanan sangat dipengaruhi oleh jumlah lemak dan tingkat dehidrasi tubuh agan.

source: http://www.kaskus.co.id/thread/56a47ce314088dd17d8b4569/ini-yang-terjadi-pada-tubuh-agan-kalo-agan-tidak-makan-dalam-waktu-yang-lama

(1,733 views)