Jurus Jitu Adaptasi di Kantor Baru

Tahun baru, tempat kerja baru. Hayo, siapa yang bentar lagi ngalamin ini? Tempat kerja baru artinya semuanya serba baru, Gan. Mulai dari atasan, temen-temen n lingkungan kerja, plus peraturan kerja juga baru. Nah, satu hal yang penting dilakuin sama agan-agan yang bakal jadi anak baru adalah beradaptasi.

Masalahnya, gak semua orang punya karakter mudah beradaptasi sama lingkungan baru. Di trit ini ane pengen kasih resep jitu buat ngebantu agan-agan sekalian biar sukses beradaptasi di tempat kerja baru. Cekidot!

1. Ubah cara berpikir

Tips nomor 1 ini penting Agan lakuin sebelum mulai kerja di kantor baru. Sebagai newbie, Aganlah yang kudu nyesuain diri sama lingkungan. Jadi jangan berpikir orang lain yang harus mengerti sifat n karakter Agan. Inget, Gan, kalimat “Ane kan emang gini orangnya” gak akan ngebawa Agan ke mana-mana. So, beradaptasilah!

2. Berbaur dengan sekitar

Di hari pertama kerja, buatlah kesan yang positif. Perkenalkan diri Agan dengan sopan dan jangan pelit senyum. Selain itu, langsung say yes kalo diajak makan siang bareng temen-temen kantor, karna ini kesempatan Agan buat ngobrol n tau lebih banyak tentang mereka. So, jangan sampe disia-siain dengan memilih ngurung diri sendirian di kantor, Gan.

4. Hormati budaya perusahaan

Kalo Agan masuk ke perusahaan baru apalagi dari industri yang juga beda dari perusahaan lama, Agan harus siap sama “culture shock” yang sangat mungkin Agan hadepin.

Sebagai contoh, Agan mau masuk perusahaan startup yang suasana kerjanya lebih terbuka dan tanpa birokrasi. Agan yang udah kebiasa sama budaya kerja di kantor lama yang kaku, tertutup, n penuh birokrasi gak bisa memaksa lingkungan baru ini untuk berubah “demi Agan.” So, belajarlah bekerja dengan budaya yang baru tersebut.

5. Proaktif

Sebagai anak baru, bukan berarti Agan lantas cuma perlu diam dan mengamati sekitar. Pas lagi meeting, misalnya, jangan pernah segan untuk mengutarakan ide dan pendapat Agan. Apalagi beberapa perusahaan ada yang menerapkan masa probation alias percobaan dulu, kan? Nah, dari sini perusahaan bisa menilai kualitas dan kelayakan Agan buat terus dipekerjakan di sana.

6. Riset perusahaan itu penting!

Jaman sekarang mau cari apa aja semua ada di Internet, termasuk informasi buat ancang-ancang Agan sebelum masuk kantor baru. Jadi sebelum mulai hari pertama, ane saranin Agan pelajarin dulu apa kata para karyawan yang udah kerja duluan di sana. Kayak apa budaya kerjanya, trus temen-temen kerja n atasannya gimana. Dijamin ini bakal ngebantu Agan buat beradaptasi.

source: http://www.kaskus.co.id/thread/5680bb84620881047c8b4567/jurus-jitu-adaptasi-di-kantor-baru

(447 views)