Kapolres Nilai Kericuhan pada Rekapitulasi Suara Masih dalam Kategori Wajar

KERICUHAN REKAPITULASI SUARA

Jember Hari Ini – Kapolres Jember AKBP Sabilul Alif menilai, kericuhan yang terjadi dalam pleno terbuka rekapitulasi suara hasil pilkada 9 Desember di Hotel Panorama, masih dalam kategori wajar dan tidak membahayakan terhadap situasi dan keamanan.

Meski demikian, Polres Jember sudah menyiapkan segala bentuk antisipasi jika terjadi situasi di luar prediksi yang berpotensi mengganggu keamanan dan anarkisme. Oleh sebab itu, pengamanan pleno KPU dilakukan dengan sistem pengamanan cukup ketat, agar tidak sampai terjadi anarkisme, baik di dalam ruang pleno maupun di luar lokasi acara. Pasca rekapitulasi suara tingkat kabupaten, berbagai upaya antisipasi akan terus dilakukan, termasuk kemungkinan aksi masyarakat menyikapi agenda politik pasca pilkada.

Polres Jember akan berjaga dan mengamankan pelaksanaan rekapitulasi oleh KPU hingga tuntas, agar tidak muncul gejolak apapun di kemudian hari. Pantauan di Hotel Panorama selama terjadi kericuhan di ruang pleno, polisi terlihat menjaga ketat seluruh saksi yang mengajukan protes keberatan kepada KPU.(Fath)

(289 views)