Kupas Album: Imagine Dragons Night Visions (Deluxe Edition)

220px-Night_Visions_Album_CoverDan Reynolds, Ben McKee, Wayne Sermon dan Dan Platzman yang tergabung dalam grup rock asal Las Vegas, Imagine Dragons sudah eksis semenjak tahun 2008, akan tetapi menemukan momentum mereka di tahun 2012 yang lalu berkat kesuksesan single It’s Time yang terdapat di dalam album debut mereka, Night Visions.

Kita mungkin menemukan gambaran Imagine Dragons sebagai band pop, berdasarkan single It’s Time yang sempat dipopulerkan oleh Glee itu. Mengapa tidak? Meski tetap mengusung semangat rock namun Imagine Dragons tidak lantas tenggelam dalam riuhnya instrumen elektrik atau gebukan drum yang membahana. Ada sesuatu yang romantis dalam It’s Time. Mungkin disebabkan oleh melodi yang sangat mengalir dan sangat mudah disimak karena It’s Time menghadirkan aransemen yang cukup sederhana. Kekuatan utama memang pada vokal Dan Reynolds yang powerful namun tidak terdengar berlebihan dalam memberi aksentuasi maskulin. Takarannya pas. Hasilnya, sebuah lagu yang sangat menyentuh, terlepas dari unsur rock yang melekat tadi.

Imagine Dragons sebelumnya sudah merilis lima buah EP, sehingga Night Visions dipastikan tidak akan terengar seperti album debutan sama sekali. Setiap track yang terdapat di album ini disusun dengan teknis yang matang dan rapi. Coba dengarkan saja track pembuka album, Radioactive, sebuah nomor alternative rock yang berbalut dubstep, namun tak terdengar awkward sama sekali. Kesan menggebu namun pekat yang terdapat dalam lagunya mengindikasikan semangat rock yang kental.

Namun, Imagine Dragons juga mementingkan melodi dan notasi yang mudah dicerna, sehingga kening tak perlu mengkerut untuk dapat mencerna isi albumnya. Mulai dari pop-semi-balada seperti Every Night yang romantis dan sedikit galau hingga pop-antemik penuh semangat On the Top of The World, Imagine Dragons sukses dalam merentangkan versatilitas mereka dalam bermusik.

Secara umum lagu-lagu di dalam Night Visions terdengar berbeda antara satu dengan yang lain, baik secara tone, tematis, hingga corak. Yang menjadi benang merah mungkin semangat rock yang menjadi dasar setiap lagu. Ini mungkin bisa dianggap sebagai kelemahan dari Night Visions, karena renggangnya konsistensi yang membuat album ini terdengar solid.

Namun Imagine Dragons membayarnya dengan menghadirkan lagu-lagu yang sangat menarik untuk disimak. Bahasa sederhananya, bagus-bagus. Tidak ada track yang rasanya menjadi semacam filler, karena setiap lagu berdiri sama kuat dan rasa-rasanya bisa menjadi single yang dilepas tersendiri.

Coba dengarkan Amsterdam yang bergerak dalam corak modern-rock. Pergerakan notasi begitu tertebak sebenarnya, dibuka dengan alur yang kalem, hingga meledak di bagian chorus, akan tetapi berbekal aransemen yang kuat, lagu ini terdengar begitu menyentuh. Simak juga Bleeding Out yang menghadirkan sentuhan synth penuh intensitas, sehingga memberikan efek antemik yang kuat pada lagu yang sebenarnya berkisah tentang kegalauan dalam percintaan.

Dan kini kita bisa menikmati Night Visions yang dirilis ulang dalam versi Deluxe. Ada beberapa lagu tambahan yang terdapat dalam versi ini. Tidak hanya dua atau tiga tapi tujuh sekaligus. Bonus yang cukup kaya bukan dan sulit untuk ditolak.

Tidak semuanya materi baru juga karena beberapa track, seperti The River dan America yang berasal dari EP rilisan 2011. Jadi jika ingin menyimak Imagine Dragons dalam lagu-lagu yang lebih organis, minus sentuhan elektronik, maka lagu-lagu ini adalah pilihan tepat.

Sedang Selene berasal dari EP Hell and Silence (2010) dengan penggunaan keyboard yang ektensif dan chorus yang catchy. Tidak heran jika Imagine Dragons menjadikannya sebagai lagu bonus di edisi Deluxe. Track lain yang berasal dari EP ini adalah I Don’t Mind.

Imagine Dragons masih menyediakan materi dari EP lama mereka dalam edisi Deluxe ini, yaitu EP pertama mereka yang merupakan sebuah self-titled (2009). Cover Up judulnya. Bahkan dalam lagu “terlawas” ini Imagine Dragons sudah menunjukkan tajinya sebagai band rock yang patut diperhitungkan.

Night Visions adalah sebuah ajang pembuktian bagi Imagine Dragons jika mereka merupakan band yang solid dan mengerti benar yang mau dikerjakan serta memiliki referensi musik yang luas. Ini terbukti karena Night Visions memiliki materi yang kaya. Okelah, mungkin beberapa lagu akan terdengar agak mirip band itu atau band itu, akan tetapi terlepas dari itu Night Visions cukup sukses dalam menjalankan misinya, yaitu menghibur dan memberi waktu mendengarkan musik yang berkualitas.

(CreativeDisc)

(2.141 views)