Nasib Gumuk Di Jember Terancam Habis

GAMBAR-BERITA18Keberadaan Gumuk Di Kabupaten Jember semakin terancam habis. ini dikarenakan, sampai hari ini tidak ada aturan yang mengatur tentang perlindungan gumuk.

Bupati Jember Mza Djalal mengakui jika banyak keluhan dari masyarakat, terkait masa depan gumuk. dimana sebagian besar gumuk yang ada di jember, sudah rata dengan tanah. sebab gumuk tersebut diambil batu, tanah dan pasirnya saja.

Persoalannya lanjut Djalal, mayoritas gumuk yang ada di kabupaten jember, dimiliki oleh perseorangan atau pribadi. Sehingga pemkab tidak bisa berbuat banyak, atas persoalan tersebut.

Untuk itu kata Djalal, Gumuk Kerang yang berada di kelurahan sumbersari, akan disulap menjadi sebuah tempat wisata baru. pemkab akan membangun sejumlah fasilitas pendukung, seperti joging track, arena bermain, dan bersantai bagi keluarga.

Sementara Itu Wakil Ketua Dprd Jember Lukman Winarno mendukung penuh langkah Bupati Jember Mza Djalal, untuk menggagas aturan perlindungan seluruh gumuk di Kabupaten Jember.

Sebab bagaimanapun kata lukman, sejak dulu jember dikenal sebagai kota dengan sejuta gumuk. namun faktanya, meskipun belum ada data yang valid, sampai hari ini jumlah gumuk di jember menurun drastis. Ini disebabkan lanjut politisi pdi perjuangan ini, sebagian besar gumuk di jember dikuasai oleh pribadi. sehingga menjadi sulit untuk dikendalikan pelestariannya.

Sebagai langkah awal untuk perlindungan Gumuk Di Jember, Lukman mengaku, akan mengusulkan penelitian secara detail, terkait kondisi gumuk yang ada di seluruh jember. paling tidak, hasil penelitian itu akan dijadikan dasar, untuk penyunan aturan perlindungan gumuk.

(686 views)
Tags: