Mobil Kas Keliling Bank Indonesia Layani Penukaran Uang Di 10 Titik Pelosok Desa

GAMBAR-BERITA18Mulai hari Ini Perwakilan Bank Indonesia Jember meningkatkan operasional mobil kas keliling, untuk melayani penukaran uang pecahan kecil di pelosok desa, khususnya yang tidak tercover perbankan. setidaknya terdapat 10 titik se eks karesidenan besuki yang akan di datangi.

Deputi Kebijakan Moneter Perwakilan Bank Indonesia Jember Dwi Suslamanto menjelaskan, sesuai amanat undang-undang mata uang terbaru, bank-bank swasta juga diperkenankan melayani penukaran uang. sehingga menjelang idul fitri tahun ini, penukaran uang pecahan kecil bisa dilakukan di seluruh kantor perbankan. sedangkan bank indonesia sendiri hanya melayani penukaran uang rusak, dan uang yang ditarik dari peredaran.

Untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang pecahan kecil yang sudah menjadi budaya masyarakat mnjelang idul fitri, bank indonesia menyiapkan uang senilai 150 juta rupiah untuk kabupaten jember, dan 400 juta rupiah untuk beberapa kabupaten lainnya.

Lebih jauh Dwi menjelaskan, pelaksanaan sistem penukaran uang pecahan kecil ini akan terus dilakukan evaluasi setiap hari, untuk melihat efektifitasnya terhadap masyarakat. bukan tidak mungkin akan terjadi perubahan sistem, jika memang dirasa diperlukan.

Bank Indonesia Menurut Dwi, lebaran tahun ini sudah menyiapkan uang pecahan kecil senilai 1,2 milyar rupiah, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah kerja kantor perwakilan bank indonesia jember. pecahan uang yang paling diminati masyarakat senilai 2 ribu rupaih dan 5 ribu rupiah.

(891 views)
Tags: