DPT Pilgub Jauh Lebih Banyak Dibanding Data DP4 Dispenduk

GAMBAR-BERITA18Hari ini Kpu Kabupaten Jember menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur Jawa Timur. dari hasil coklit yang dilakukan kpu, dpt kabupaten jember jauh lebih banyak dibandingkan daftar penduduk potensial pemilih atau dp4, yang diberikan oleh dinas kependudukan.

Ketua Kpu Kabupaten Jember Ketty Tri Setyorini menjelaskan, dari hasil coklit yang dilakukan petugas pantarlih dari rumah ke rumah, jumlah pemilih di jember mencapai 1,7 orang juta lebih. sedangkan jika berdasarkan dp4 dari dispenduk, jumlah pemilih diperkirakan hanya 1,6 juta orang lebih.  sehingga terdapat selisih yang cukup banyak, bahkan sangat dimungkinkan masih akan bertambah, jika ada penduduk yang belum masuk dalam dpt.

Ketty optimis data hasil coklit yang hari ini akan ditetapkan menjadi dpt sangat akurat. sebab selama 7 kali pemilu di jember, jumlah pemilih memang selalu berkisar 1,7 jt orang. jika ada penambahan atau pengurangan tentu tidak akan terlalu signifikan.

Lebih jauh Ketty menerangkan, dengan ditetapkannya dpt secara otomatis masa jabatan petugas pantarlih berakhir. meski demikian bukan berarti pantarlih bisa lepas tanggung jawab. sebab jika masih ada penduduk yang melapor belum masuk dalam dpt, maka menjadi kewajiban pantarlih untuk menghubungi pps atau ppk setempat.

Dengan demikian sangat dimungkinkan hingga h-7 pelaksanaan pilgub, akan ada dpt perubahan untuk menjaring masyarakat yang belum terdata. jika ternyata pada hari h masih saja ada yang belum masuk dpt, masyarakat bisa mendatangi tps hanya dengan menunjukkan ktp-nya.

(192 views)

Facebook

Twitter